Home / Berita / Dimasa Pandemi, PCNU Ngawi Mengadakan Ziarah Makam Auliyah Tanpa Mengabaikan Prosedur Protokol Kesehatan

Dimasa Pandemi, PCNU Ngawi Mengadakan Ziarah Makam Auliyah Tanpa Mengabaikan Prosedur Protokol Kesehatan

Ngawi, LTN NU – Dengan menerapkan protokol kesehatan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) bersama Pemerintah Kabupaten Ngawi melaksanakan beberapa kegiatan kerohanian dalam menyambut Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020,

Diantara kegiatan tersebut, PCNU melaksanakan tradisi ziarah makam yang mana pada masa pandemi Covid-19 ini dilaksanakan di tiga tempat yaitu makam sesepuh Ngawi, RM Tumenggung Poerwodiprojo di komplek TPU Kauman, Masjid Agung Baiturrahman, makam KH. Syarwan Gunawan di Dusun Ngasinan, Desa Gentong, Kecamatan Paron dan makam KH. Asroful Anam di Dusun Kedungprahu, Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren, Sabtu (17/10/2020).

Ketua PCNU Ngawi, KH. Ahmad Ulinnuha Rozy pada kesempatan tersebut menyampaikan, sejak HSN ditetapkan oleh Pemerintahan Jokowi pada tahun 2015 hingga saat ini PCNU melalui panitia senantiasa aktif mengagendakan ziarah ke makam para sesepuh NU dengan tujuan agar para peziarah tidak lupa akan jasa-jasa para pendahulunya karena keberadaan NU pada saat ini tidak lepas dari perjuangan dan jasa-jasa dari para sesepuh.

“Pada tahun 2020 ini karena anjuran Pemerintah agar melaksanakan prosedur protokol kesehatan, PCNU Ngawi hanya mengagendakan ziarah ke tiga titik dengan pembatasan jumlah peserta dan waktu ziarah, namun demikian kami berharap semua yang hadir disini mendapatkan berkah dari para pendahulu kami karena bagaimanapun juga perkembangan NU di Kabupaten Ngawi ini tidak lepas dari perjuangan da jasa-jasa para pendahulu kami,” ujar KH. Ahmad Ulinnuha Rozy.

Sementara itu Ketua Pelaksana Peringatan HSN tahun 2020, Saeful Bakri mengatakan, PCNU melalui panitia HSN mengadakan beberapa kegiatan salah satunya adalah Ziarah Auliya atau para penggerak pejuang keagamaan di Kabupaten Ngawi dimana para Auliya ini telah berjasa dalam pergerakan keagamaan di Kabupaten sehingga Panitia HSN Ngawi merasa penting untuk mengagendakan kegiatan tersebut.

“Pada tahun ini kami keluarga besar Nahdlatul Ulama Kabupaten Ngawi baru saja kehilangan seorang tokoh penggerak keagamaan yang senantiasa mengajak kita untuk meningkatkan Iman kepada Allah SWT, oleh karena itu kami selaku panitia HSN 2020 mengagendakan ziarah ke makam KH. Asroful Anam di Dusun Kedungprahu, Desa Walikukun, Kecamatan Widodaren,” terang Saeful Bakri.

Menurut Saeful Bakri, untuk ziarah makam tahun ini, pihaknya membatasi peserta dan waktu ziarah serta melaksanakan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah, namun karena antusiasme warga Nahdliyyin, di sekitar wilayah makam Auliya maka terjadi penambahan peserta namun masih dalam tarap kewajaran, kepada peserta dadakan pihak panitia tetap menerapkan prosedur protokol kesehatan.

Penulis : Tim LTN PCNU Ngawi

Tentang pengurus

Lembaga Infokom dan Publikasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ngawi.

Lihat Juga

Wakil Bupati Ngawi Serahkan Satu Hewan Qurban Kepada Ketua PCNU

NUNgawi – Bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Adha 1441 H, Wakil Bupati Ngawi, Ony …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *