Home / Berita / DALAM UPAYA PENDATAAN WARGA, PCNU NGAWI ADAKAN SOSIALISASI PEMBUATAN KARTANU

DALAM UPAYA PENDATAAN WARGA, PCNU NGAWI ADAKAN SOSIALISASI PEMBUATAN KARTANU

Ngawi, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ngawi gelar acara sosialisasi sensus warga NU Ngawi periode I tahun 2020 disertai penantanganan memorandum of understanding (MOU) pembuatan Kartu Tanda Anggota Nahdlatul Ulama (KARTANU) bersama PT. Bawana Cahaya Abadi, Jum’at (03/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut Ketua PCNU Ngawi, KH. Ahmad Ulinnuha Rozy menyebutkan bahwa kegiatan yang digelar di RM. Sejahtera Hj. Maimun pada Siang hari ini adalah tindak lanjut dari kesepakatan bersama hasil Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) NU Ngawi II di RM. Notosuman pada Minggu (06/09/2020) lalu.

Menurut KH. Ahmad Ulinnuha Rozy, ada dua kategori dari hasil Muskercab NU Ngawi yaitu program-program reguler yang bersifat penguatan Jam’iyyah mulai dari tingkat cabang hingga ranting dan program-program unggulan dengan menjalin kerjasama kemitraan dengan beberapa perusahaan seperti PT. Damai Agro Mandiri (DAM), PT. Kholbu Amanah dan PT. Bawana Cahaya Abadi yang ketiganya dipimpin oleh kader-kader Nahdlatul Ulama.

“Dalam upaya kami mendata warga NU di Kabupaten Ngawi, kami bekerjasama dengan Cak Hakim pimpinan PT. Bawana Cahaya Abadi yang direkomendasikan oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur untuk membantu kami dalam pembuatan KARTANU. KARTANU ini sedianya akan berlaku seumur hidup tidak lima tahunan seperti rencana pembuatan KARTANU terdahulu selain itu KARTANU ini berbasis NIK sehingga diharapkan berfungsi sama dengan kartu-kartu yang lain,” ungkap KH. Ahmad Ulinnuha Rozy.

Lebih lanjut KH. Ahmad Ulinnuha Rozy menyampaikan, diusianya yang menjelang satu abad, NU subagai organisasi yang legal, formal dan berbadan hukum sejak jaman Hindia Belanda harus Dimodernisasi sehingga tidak hanya mengakar kuat dari segi kultulnya tapi juga kuat dari segi manajemen organisasinya, salah satu barometernya adalah database sebagai dalil organisasi terbesat di dunia dan akhirat sehingga kedepannya dapat diketahui berapa jumlah warga NU di Kabupaten Ngawi.

Senada dengan Ketua PCNU Ngawi, Ketua Tim Pelaksana pembuatan KARTANU, Samsul Hadi mengatakan, pada tahap awal pihaknya bersama PT. Bawana Cahaya Abadi akan menyelesaikan 5.000 (lima ribu) KARTANU setiap bulannya, hingga pada akhirnya seluruh warga NU di Kabupaten Ngawi dapat terdata dengan baik.

“Terkait KARTANU, beberapa waktu lalu kami sempat dipanggil oleh KH. Ahmad Ulinnuha Rozy, dalam perbincangan itu kami hanya diberi waktu 30 hari untuk menyelesaikan pembuatan KARTANU, setelah melalui perdebatan yang panjang akhirnya diputuskan untuk membuat database berbasis online dan manual,” ujar Samsul Hadi.

Samsul Hadi menambahkan, bagi warga NU yang tinggal di pelosok desa, baik yang tidak memiliki HP atau tidak terjangkau oleh sinyal BTS, pihaknya melalui petugas yang berada di kepengurusan ranting akan membantu pendataan secara manual.

Penulis : Tim LTN PCNU Ngawi

Tentang pengurus

Lembaga Infokom dan Publikasi Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Ngawi.

Lihat Juga

Wakil Bupati Ngawi Serahkan Satu Hewan Qurban Kepada Ketua PCNU

NUNgawi – Bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Adha 1441 H, Wakil Bupati Ngawi, Ony …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *